Menjaga Situasi Kamtibmas Tetap Kondusif Ini Pesan Yang Disampaikan Aipda Adi Sudrajat

14detik.com//Bayuwangi

Dalam rangka giat patroli rutin khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, Direktorat Polairud Polda Jawa Timur melalui Satpolairud Polresta Banyuwangi gencar melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi masyarakat pesisir.

Kegiatan patroli dan binmasair yang dilakukan pada hari, Kamis, 4/1/2024 pagi sebagai upaya dalam deteksi dini situasi kamtibmas di wilayah pesisir pantai Pancer.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP I Nyoman Ardita, S.H, M.H melalui Kanit Pos Pancer Aipda Adi Sudrajat menjelaskan kegiatan patroli dan sambang masyarakat pesisir ini juga bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca extrem yang disertai angin kencang dan potensi ancaman keamanan di daerah pesisir menjelang Pemilu serentak tahun 2024.

Pada saat kegiatan patroli berlangsung, Aipda Adi Sudrajat berdialog langsung dengan warga pesisir, nelayan, buruh angkut pelabuhan dan pengujung dengan cara memberikan edukasi dan meminta semua pihak khususnya masyarakat pesisir untuk menyampaikan informasi, apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan maupun melanggar hukum.

Lebih lanjut, Aipda Adi mengatakan hal yang sekiranya mencurigakan dan pelanggaran hukum di tengah laut maupun diseputaran pesisir pantai.

Saat dikonfirmasi melalui media Whatsapp Kasubnit Binmasair Aiptu I Gede Eka D meminta kepada masyarakat pesisir khususnya nelayan untuk selalu menjaga keselamatan, melengkapi dokumen, mengenakan alat keselamatan pada saat melaksanakan aktivitas bongkar muat maupun dilaut serta selalu memperhatikan perkembangan cuaca terkini melalui website BMKG.

Selain itu, Aipda Adi juga menyampaikan pesan kepada sejumlah masyarakat nelayan, untuk selalu melengkapi alat keselamatan maupun alat komunikasi di atas kapal pada saat proses pelayaran berlangsung agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Harapannya dengan adanya kegiatan patroli dan binmasair kepada masyarakat pesisir pantai ikut serta dalam menjaga kamtibmas dan turut dalam menyukseskan perhelatan Pemilu berjalan aman dan lancar.

Pada saat patroli dan binmasair dilaksanakan, Aipda Adi menjumpai personel dari Polsek Pesanggaran yang sedang melakukan patroli.(Dadang)